twitter

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
( SAP )

IDENTITAS MATA KULIAH
Mata kuliah                 : Asuhan Kebidanan IV ( Patologi Kebidanan )
Kode mata kuliah        : Bd 304
SKS                             : 5 SKS ( T : 2, P : 3 )
Program studi              : DIII Kebidanan
Semester                      : IV dan V
Pokok Bahasan           : Komplikasi dalam persalinan
Sub Pokok Bahasan    : Kala I dan kala II persalinan
Waktu pertemuan        : 2 x 50 menit
Pertemuan ke              : 1
Hari, tanggal               : Senin, 21 April 2008

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan Pembelajaran Umum
            Setelah menyelesaikan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan komplikasi dalam persalinan
Tujuan Pembelajaran Khusus
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu :
a.       Menjelaskan mengenai pengertian komplikasi kala I dan kala II persalinan
b.       Menerangkan penyebab komplikasi persalinan
c.       Mengidentifikasi gejala komplikasi persalinan
d.      Menjelaskan mekanisme persalinan
e.       Mejelaskan penanganan persalinan
f.        Menyebutkan macam-macam komplikasi persalinan
g.       Menjelaskan distosia

B.     POKOK-POKOK MATERI

1.       Pengertian komplikasi persalinan kala I dan kala II
2.       Konsep dasar kelainan presentasi dan posisi
3.       Konsep dasar distosia kelainan tenaga
4.       Distosia kelainan alat kandungan
5.       Distosia kelainan janin
6.       Distosia kelainan jalan lahir

C.    KEGIATAN BELAJAR – MENGAJAR


Tahap/
Waktu
Kegiatan pengajar
Kegiatan mahasiswa
Media & alat
Metode
Pendahuluan
10 menit














Penyajian
75 menit















































































Penutup
15 menit
1.      Memberikan salam pembuka dan memperkenalkan diri
2.      Menginformasikan materi yang akan disampaikan
3.      Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai pada akhir perkuliahan ini
4.      Menjelaskan manfaat dan relevansi pokok bahasan ini dengan profesi Kebidanan
5.      Melakukan apersepsi mengenai komplikasi persalinan

6.      Menerangkan  tentang penyulit kala I dan kala II dalam persalinan
7.      Menanyakan kepada mahasiswa tentang penyulit kala I dan kala II dalam persalinan
a.       Menuliskan jawaban mahasiswa di papan tulis
b.      Mengklarifikasi jawaban mahasiswa
c.       Menjelaskan kepada mahasiswa tentang penyulit kala I dan kala II dalam persalinan
8.      Menjelaskan konsep dasar kelainan presentasi dan posisi
a.       Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya  tentang konsep dasar kelainan presentasi dan posisi 
b.      Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya
c.       Menjelaskan tentang konsep dasar kelainan presentasi dan posisi
9.      Menjelaskan konsep dasar distosia kelainan tenaga
a.       Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya  tentang konsep dasar distosia kelainan tenaga 
b.      Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya
c.       Menjelaskan tentang konsep dasar distosia kelainan tenaga
10.  Menjelaskan distosia kelainan alat kandungan
a.       Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya  tentang distosia kelainan alat kandungan
b.      Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya
c.       Menjelaskan tentang distosia kelainan alat kandungan
11.  Menjelaskan distosia kelainan janin
a.       Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya  tentang distosia kelainan janin
b.      Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya
c.       Menjelaskan tentang distosia kelainan janin
12.  Menjelaskan distosia kelainan jalan lahir
a.       Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya  tentang distosia kelainan jalan lahir
b.      Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya
c.       Menjelaskan tentang distosia kelainan jalan lahir
13.  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan
14.  Memberi kesempatan pada mahasiswa lain untuk menjawab pertanyaan
15.  Menjawab dan menjelaskan kembali tentang pertanyaan mahasiswa
16.  Mengajukan beberapa pertanyaan mengenai materi yang telah diberikan untuk mengevaluasi mahasiswa
17.  Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menjawab pertanyaan
18.  Menyimpulkan materi yang telah disampaikan
19.  Memberikan gambaran tentang materi yang akan datang
20.  Memberikan tugas membaca.
21.  Mengucapkan salam penutup

Menjawab salam dan Memperhatikan
Memperhatikan

Memperhatikan





Memberi sumbang saran





Menjawab pertanyaan


Memberikan
sumbang saran

Memperhatikan

Memperhatikan dan mencatat





Berdiskusi dengan teman di sebelahnya



Memberi sumbang saran

Memperhatikan dan mencatat



Berdiskusi dengan teman di sebelahnya


Memberi sumbang saran

Memperhatikan dan mencatat



Berdiskusi dengan teman di sebelahnya


Memberi sumbang saran

Memperhatikan dan mencatat



Berdiskusi dengan teman di sebelahnya


Memberi sumbang saran

Memperhatikan dan mencatat


Berdiskusi dengan teman di sebelahnya


Memberi sumbang saran

Memperhatikan dan mencatat

Mengajukan pertanyaan


Menjawab pertanyaan

Memperhatikan


Memberikan sumbang saran


Memberi jawaban

Memperhatikan

Memperhatikan


Memperhatikan

Menjawab salam
-


-

-


-





-







Whiteboard dan spidol

-

OHT/OHP






-





White board, spidol

OHT/OHP






-


-


-



-


-

Ceramah


Ceramah

Ceramah


-









Tanya jawab


-


Ceramah

Ceramah






Diskusi





Diskusi


Ceramah




Diskusi





Diskusi


Ceramah



Diskusi





Diskusi


Ceramah



Diskusi





Diskusi


Ceramah


Diskusi





Diskusi


Ceramah

Tanya jawab


Tanya jawab

Ceramah


Tanya jawab


Tanya jawab

Ceramah

Ceramah


Ceramah



D.    Evaluasi

Prosedur                 : Tes pada akhir perkuliahan

Jenis                        : Lisan

Bentuk                    : Tes Subjektif
Alat                         : Tes Buatan Dosen

E.     Referensi

Manuaba, IBG.1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan & Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan . Jakarta: EGC
Mochtar, Rustam. 1998. Sinopsis Obstetri Edisi 2. Jakarta: EGC
Winkjosastro, Hanifa. 1999. Ilmu Kebidanan. Jakarta, YBPSP






















Minggu, 08 Januari 2012 | 0 komentar |

0 komentar:

Posting Komentar