SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
( SAP )
IDENTITAS MATA KULIAH
Mata kuliah : Asuhan Kebidanan IV ( Patologi Kebidanan )
Kode mata kuliah : Bd 304
SKS : 5 SKS ( T : 2, P : 3 )
Program studi : DIII Kebidanan
Semester : IV dan V
Pokok Bahasan : Komplikasi dalam persalinan
Sub Pokok Bahasan : Kala I dan kala II persalinan
Waktu pertemuan : 2 x 50 menit
Pertemuan ke : 1
Hari, tanggal : Senin, 21 April 2008
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan Pembelajaran Umum
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan komplikasi dalam persalinan
Tujuan Pembelajaran Khusus
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu :
a. Menjelaskan mengenai pengertian komplikasi kala I dan kala II persalinan
b. Menerangkan penyebab komplikasi persalinan
c. Mengidentifikasi gejala komplikasi persalinan
d. Menjelaskan mekanisme persalinan
e. Mejelaskan penanganan persalinan
f. Menyebutkan macam-macam komplikasi persalinan
g. Menjelaskan distosia
B. POKOK-POKOK MATERI
1. Pengertian komplikasi persalinan kala I dan kala II
2. Konsep dasar kelainan presentasi dan posisi
3. Konsep dasar distosia kelainan tenaga
4. Distosia kelainan alat kandungan
5. Distosia kelainan janin
6. Distosia kelainan jalan lahir
C. KEGIATAN BELAJAR – MENGAJAR
Tahap/ Waktu | Kegiatan pengajar | Kegiatan mahasiswa | Media & alat | Metode |
Pendahuluan 10 menit Penyajian 75 menit Penutup 15 menit | 1. Memberikan salam pembuka dan memperkenalkan diri 2. Menginformasikan materi yang akan disampaikan 3. Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai pada akhir perkuliahan ini 4. Menjelaskan manfaat dan relevansi pokok bahasan ini dengan profesi Kebidanan 5. Melakukan apersepsi mengenai komplikasi persalinan 6. Menerangkan tentang penyulit kala I dan kala II dalam persalinan 7. Menanyakan kepada mahasiswa tentang penyulit kala I dan kala II dalam persalinan a. Menuliskan jawaban mahasiswa di papan tulis b. Mengklarifikasi jawaban mahasiswa c. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang penyulit kala I dan kala II dalam persalinan 8. Menjelaskan konsep dasar kelainan presentasi dan posisi a. Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya tentang konsep dasar kelainan presentasi dan posisi b. Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya c. Menjelaskan tentang konsep dasar kelainan presentasi dan posisi 9. Menjelaskan konsep dasar distosia kelainan tenaga a. Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya tentang konsep dasar distosia kelainan tenaga b. Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya c. Menjelaskan tentang konsep dasar distosia kelainan tenaga 10. Menjelaskan distosia kelainan alat kandungan a. Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya tentang distosia kelainan alat kandungan b. Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya c. Menjelaskan tentang distosia kelainan alat kandungan 11. Menjelaskan distosia kelainan janin a. Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya tentang distosia kelainan janin b. Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya c. Menjelaskan tentang distosia kelainan janin 12. Menjelaskan distosia kelainan jalan lahir a. Meminta mahasiswa untuk berdiskusi dengan teman di sebelahnya tentang distosia kelainan jalan lahir b. Meminta mahasiswa untuk menyampaikan hasil diskusinya c. Menjelaskan tentang distosia kelainan jalan lahir 13. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan 14. Memberi kesempatan pada mahasiswa lain untuk menjawab pertanyaan 15. Menjawab dan menjelaskan kembali tentang pertanyaan mahasiswa 16. Mengajukan beberapa pertanyaan mengenai materi yang telah diberikan untuk mengevaluasi mahasiswa 17. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menjawab pertanyaan 18. Menyimpulkan materi yang telah disampaikan 19. Memberikan gambaran tentang materi yang akan datang 20. Memberikan tugas membaca. 21. Mengucapkan salam penutup | Menjawab salam dan Memperhatikan Memperhatikan Memperhatikan Memberi sumbang saran Menjawab pertanyaan Memberikan sumbang saran Memperhatikan Memperhatikan dan mencatat Berdiskusi dengan teman di sebelahnya Memberi sumbang saran Memperhatikan dan mencatat Berdiskusi dengan teman di sebelahnya Memberi sumbang saran Memperhatikan dan mencatat Berdiskusi dengan teman di sebelahnya Memberi sumbang saran Memperhatikan dan mencatat Berdiskusi dengan teman di sebelahnya Memberi sumbang saran Memperhatikan dan mencatat Berdiskusi dengan teman di sebelahnya Memberi sumbang saran Memperhatikan dan mencatat Mengajukan pertanyaan Menjawab pertanyaan Memperhatikan Memberikan sumbang saran Memberi jawaban Memperhatikan Memperhatikan Memperhatikan Menjawab salam | - - - - - Whiteboard dan spidol - OHT/OHP - White board, spidol OHT/OHP - - - - - | Ceramah Ceramah Ceramah - Tanya jawab - Ceramah Ceramah Diskusi Diskusi Ceramah Diskusi Diskusi Ceramah Diskusi Diskusi Ceramah Diskusi Diskusi Ceramah Diskusi Diskusi Ceramah Tanya jawab Tanya jawab Ceramah Tanya jawab Tanya jawab Ceramah Ceramah Ceramah |
D. Evaluasi
Prosedur : Tes pada akhir perkuliahan
Jenis : Lisan
Bentuk : Tes Subjektif
Alat : Tes Buatan Dosen
E. Referensi
Manuaba, IBG.1998. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan & Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan . Jakarta: EGC
Mochtar, Rustam. 1998. Sinopsis Obstetri Edisi 2. Jakarta: EGC
Winkjosastro, Hanifa. 1999. Ilmu Kebidanan. Jakarta, YBPSP
0 komentar: