twitter




OLEH : ELVIN A. H
  1. Menilai Bayi Dengan Cepat (dengan apgar skor), kemudian meletakkan bayi di atas perut ibu dengan posisi kepala lebih rendah dari tubuhnya (bila tali pusat terlalu pendek, meletakkan bayi di tempat yang memungkinkan)
  2. Segera mengeringkan bayi, membungkus kepala dan badan bayi kecuali bagian tali pusat
      
  3. Menjepit tali pusat menggunakan klem kira-kira 3 cm dari pusat bayi. Melakukan urutan pada tali pusat mulaidari klem ke arah ibu dan memasang klem kedua 2 cmdari klem pertama (ke arah ibu).

  4. Memegang tali pusat dengan satu tangan, melindungi bayi dari gunting, dan memotong tali pusat di antara dua klem tersebut.
  5.  Mengganti handuk yang basah dan menyelimuti bayi dengan kain atau selimut yang bersih dan kering,menutupi bagian kepala, membiarkan tali pusat terbuka. Jika bayi mengalami kesulitan bernafas, mengambil tindakan yang sesuai.
  6.  Lakukan inisiasi menyusui dini dan biarkan bayi tetap melakukan kontak kulit ke kulit di dada ibu paling sedikit 1 jam. Sebagian besar bayi akan berhasil melakukan inisiasi menyusui dini dalam waktu 30-60 menit. Menyusu pertama biasanya berlangsung sekitar 10-15 menit. Bayi cukup menyusu dari satu payudara.
  7. Biarkan bayi berada di dada ibu selama 1 jam walaupun bayi sudah berhasil menyusu
  8. Setelah bayi selesai menyusu dalam 1 jam pertama , beri vitamin K 1mg IM dipaha kiri dan salep/ tetes mata antibiotika.
  9. Lakukan pemeriksaan BBL
  10. Setelah 1 jam pemberian vitamin K, beri imunisasi hepatitis B di paha kanan
Kamis, 14 Juni 2012 | 0 komentar |

0 komentar:

Posting Komentar